Berita

Berita


TATA CARA PENDAFTARAN DAN SARAT PENDAFTARAN PPDB 2022

1. Pra pendaftaran
(1) Pra pendaftaran harus dilakukan oleh Calon Peserta Didik dengan kriteria sebagai berikut :
  1. Calon peserta didik dari luar Kabupaten Paser dan/atau yang sekolahnya berasal dari Luar Kab. Paser;
  2. Calon Peserta didik lulusan dari luar Kabupaten Paser tetapi berdomisili diKab.Paser
  3. Calon peserta Lulusan Paket B/Wustho;
  4. Calon peserta lulusan Tahun 2020, 2021 dan 2022;
  5. Calon peserta Jalur Prestasi akademik dan non akademik
  6. Calon peserta anak Kandung Guru dan Tenaga Kependidikan;
  7. Calon peserta anak Kandung Guru dan Tenaga Kependidikan pada satuan Pendidikan Orang Tua bertugas;
  8. Calon peserta Jalur Bina Lingkungan RT Prioritas atau Zona RT Prioritas
  9. Calon peserta Jalur Afirmasi
(2) Tata cara melakukan Pra Pendaftaran adalah sebagai berikut :
  1. Calon Peserta didik lulusan Tahun 2022;
    ➢ melengkapi dokumen sesuai persyaratan yang terdiri dari :
    ▪ Kartu Keluarga (minimal 1 tahun)
    ▪ Akte kelahiran
    ▪ Surat Keterangan Lulus / SHUSP Sementara dari Satuan Pendidikan
    ▪ Surat pernyataan keaslian dokumen, Surat pernyataan tidak mendaftar di SMK baik diwilayah Kab. Paser maupun luar wilayah Kab. Paser pada waktu bersamaaan (seperti terlampir)
    ➢ meng-upload hasil scan/foto (digital document) dokumen di atas ke sistem PPDB
    ➢ mencetak bukti pra pendaftaran
    ➢ calon Peserta Didik langsung dapat mendaftar sesuai dengan Tata Cara Pendaftaran
  2. Untuk Peserta didik lulusan SMP/MTs/Paket B dan lulusan Tahun 2020, 2021 dan 2022;
    ➢ Melengkapi dokumen sesuai persyaratan yang terdiri dari :
    ▪ Kartu Keluarga (minimal 1 tahun)
    ▪ Akte kelahiran
    ▪ Ijasah bagi lulusan tahun 2020 dan 2021.
    ▪ Lulusan tahun 2022 surat keterangan lulus.
    ▪ Surat pernyataan keaslian dokumen, Surat pernyataan tidak mendaftar di SMK baik diwilayah Kab. Paser maupun luar wilayah Kab. Paser pada waktu bersamaaan (seperti terlampir)
    ➢ Meng-upload hasil scan/foto (digital document) dokumen di atas ke sistem PPDB
    ➢ Mencetak bukti pra pendaftaran
    ➢ Calon Peserta Didik langsung dapat mendaftar sesuai dengan Tata CaraPendaftaran.
  3. Untuk Calon Peserta didik dengan Prestasi akademik dan non akademik
    ➢ Melengkapi dokumen sesuai persyaratan yang terdiri dari :
    Kartu Keluarga (minimal 1 tahun)
    ▪ Akte kelahiran
    ▪ Surat Keterangan Lulus dari Satuan Pendidikan
    ▪ Sertifikat Prestasi Akademik atau Non Akademik
    ▪ Surat pernyataan keaslian dokumen, Surat pernyataan tidak mendaftar di SMK baik diwilayah Kab. Paser maupun luar wilayah Kab. Paser pada waktu bersamaaan (seperti terlampir)
    ➢ Meng-upload hasil scan/foto (digital document) dokumen di atas ke sistem PPDB
    ➢ Mencetak bukti pra pendaftaran
    ➢ Calon Peserta Didik langsung dapat mendaftar sesuai dengan Tata Cara Pendaftaran

  4. Calon peserta anak Kandung Guru dan Tenaga Kependidikan pada satuan Pendidikan Orang Tua bertugas;
    ➢ Melengkapi dokumen sesuai persyaratan yang terdiri dari :
    Kartu Keluarga (minimal 1 tahun)
    ▪ Akte kelahiran
    ▪ Surat Keterangan Lulus / SHUSP Sementara dari Satuan Pendidikan
    ▪ Surat Keterangan Anak Kandung Guru dan Tenaga Kependidikan dari Kepala Sekolah GTK ybs
    ▪ Surat pernyataan keaslian dokumen, Surat pernyataan tidak mendaftar di SMK baik diwilayah Kab. Paser maupun luar wilayah Kab. Paser pada waktu bersamaaan (seperti terlampir)
    ➢ Meng-upload hasil scan/foto (digital document) dokumen di atas ke sistem PPDB
    ➢ Mencetak bukti pra pendaftaran
    ➢ Calon Peserta Didik langsung dapat mendaftar sesuai dengan Tata CaraPendaftaran

  5. Calon peserta Jalur Bina Lingkungan RT Prioritas atau Zona RT Prioritas
    ➢ Melengkapi dokumen sesuai persyaratan yang terdiri dari :
    ▪ Kartu Keluarga (minimal 1 tahun).
    ▪ Akte kelahiran
    ▪ Surat Keterangan Lulus / SHUSP Sementra dari Satuan Pendidikan
    ▪ Surat pernyataan keaslian dokumen, Surat pernyataan tidak mendaftar di SMK baik diwilayah Kab. Paser maupun luar wilayah Kab. Paser pada waktu bersamaaan (seperti terlampir)
    ➢ Meng-upload hasil scan/foto (digital document) dokumen di atas ke sistem PPDB
    ➢ Mencetak bukti pra pendaftaran
    ➢ Calon Peserta Didik langsung dapat mendaftar sesuai dengan Tata Cara Pendaftaran
Calon peserta Jalur Afirmasi
➢ melengkapi dokumen sesuai persyaratan yang terdiri dari :
▪ Kartu Keluarga (minimal 1 tahun).
▪ Akte kelahiran
▪ Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau Kartu Indonesia Pintar
▪ Surat Keterangan Lulus / SHUSP Semetara dari Satuan Pendidikan
▪ Surat pernyataan keaslian dokumen, Surat pernyataan tidak mendaftar di SMK baik diwilayah Kab. Paser maupun luar wilayah Kab. Paser pada waktu bersamaaan (seperti terlampir)
➢ meng-upload hasil scan/foto (digital document) dokumen di atas ke sistem PPDB
➢ mencetak bukti pra pendaftaran
➢ calon Peserta Didik langsung dapat mendaftar sesuai dengan Tata CaraPendaftaran



2. Pendaftaran
(1) Mekanisme PPDB Dalam Jaringan (daring/online)
a. Teknis Pendaftaran
(1) Calon peserta didik mendaftar secara daring/online dimana ada fasilitas internet dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran;
(2) Wajib melaksanakan/mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah;
(3) Calon peserta didik mengunggah / upload berkas pendaftaran;
(4) Operator satuan pendidikan memverifikasi tanda bukti pendaftaran dan berkas pendaftaran yang telah diupload oleh calon peserta didik;
(5) Mencetak tanda bukti verifikasi pendaftaran;
(6) Calon peserta didik yang belum melakukan verifikasi bukti pendaftaran dianggap belum terdaftar;
(7) Calon peserta didik langsung dapat melihat hasil secara real time online melalui https://ppdbsmasmkpaser.com

b. Pilihan Satuan Pendidikan
Calon peserta didik pada saat pendaftaran dapat memilih satuan pendidikan paling banyak 5 (lima) satuan 

pendidikan sesuai zona PPDB yang telah ditetapkan oleh Cabang Dinas Wilayah V.

Penambahan Nilai Untuk Jalur Prestasi
Prestasi Akademik, Non Akademik Tk.Kabupaten / Provinsi / Nasional
a. Prestasi Akademik dan Non Akademik adalah prestasi yang diperoleh melalui lomba secara berjenjang dalam event yang sejenis dengan menunjukkan bukti berupa surat keputusan dan sertifikat kejuaraan dari
tingkat Kabupaten/Kota sampai Internasional, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (OSN, LKS, O2SN dan FLS2N), Kementerian Agama dan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia dan induk organisasi cabang olahraga, untuk penghargaan 2 (dua) tahun terakhir, Prestasi Tahfidz Al Qur’an sekurang kurangnya 3 Juz di buktikan dengan Surat Keterangan/Sertifikat dari Lembaga Tahfidzul Qur’an / Hafidz Qur’an dan sertifikat juara bagi juara MTQ Tk Kab/Prov/Nasional;

b. Penambahan nilai yang diberikan pada lomba sebagaimana point (1) huruf a adalah sebagai berikut:
• Juara 1,2,3 Tingkat Internasional diberi tambahan nilai 100, 95, 90;
• Juara 1,2,3 Tingkat Nasional diberi tambahan nilai 85, 80, 75;
• Juara 1,2,3 Tingkat Provinsi diberi tambahan nilai 70, 65, 60;
• Juara 1,2,3 Tingkat Kabupaten/Kota diberi tambahan nilai 55, 50, 45;

c. Prestasi yang diperoleh melalui lomba yang diselenggarakan oleh Organisasi atau Lembaga di luar point
(1) untuk penghargaan kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir, dengan penambahan nilai yang diberikan
adalah sebagai berikut:
• Juara 1,2,3 Tingkat Nasional dan Internasional diberi tambahan nilai 55, 50, 45;
• Juara 1,2,3 Tingkat Provinsi diberi tambahan nilai 40, 35, 30;
Nilai tambahan yang diperoleh hanya berasal dari salah satu sertifikat kejuaraan yang memiliki bobot
nilai tertinggi;
f. Untuk sertifikat yang diperoleh secara beregu dan tidak mencantumkan nama masing-masing anggota
maka wajib menyertakan surat keterangan dari Kepala Sekolah Asal.
g. Nilai tambahan yang diperoleh secara beregu diberikan kepada sejumlah peserta dalam tim.
h. Prestasi akademik seperti pada poin (1) huruf j TIDAK DIBERI TAMBAHAN NILAI
i. Calon peserta didik pada saat pendaftaran jalur prestasi dapat memilih 3 (tiga) pilihan untuk SMA
dan 5 (lima) kompetensi keahlian untuk SMK.
j. Pembobotan nilai rapor berdasarkan peringkat akreditasi sekolah, antara lain :
a) Akreditasi A = Bobot nilai x 100.
b) Akreditasi B = Bobot nilai x 90.
c) Akreditasi C = Bobot nilai x 80.
d) Tidak terakreditasi bobot nilai 0
e) Pendaftar dari luar Kabupaten Paser, harus mengupload sertifikat akreditasi sekolah asal.

(2) Anak Kandung Guru dan Tenaga Kependidikan
a. Calon peserta didik baru Anak Kandung Guru dan Tenaga Kependidikan yang masih aktif dari satuan
pendidikan dimana orangtuanya bertugas wajib diterima melalui jalur zonasi pada jenjang SMA dan Jalur
orangtua Guru dan Tenaga kependidikan jenjang SMK.
b. Calon peserta didik baru yang berasal dari anak kandung guru dan tenaga kependidikan yang masih dari
luar satuan pendidikan dimana orangtuanya bertugas, dapat mengikuti jalur pendaftaran PPDB dan diberi
tambahan nilai 100 (seratus).
(3) Calon Peserta Didik seperti poin (1) dan (2) dapat memilih sekolah diluar zona domisili

Jalur Perpindahan Tugas Orangtua/Luar Daerah
(1) Jalur perpindahan orangtua adalah calon peserta didik yang mengikuti perpindahan tugas orangtua atau wali
yang dibuktikan dengan surat penugasan paling lama 2 (dua) tahun terhitung sejak surat penugasan
diterbitkan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.
(2) Calon peserta didik jalur perpindahan tugas orangtua diterima di satuan pendidikan terdekat dengan domisili
berdasarkan SK Tugas Orang tua atau surat keterangan domisili dari RT dan Desa/Kelurahan setempat, dan
boleh memilih 3 (tiga) pilihan satuan pendidikan untukSMA dan 5 (lima) kompetensi keahlian untuk SMK
(3) Calon peserta didik anak kandung guru dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan tempat tugas guru
dan tenaga kependidikan tersebut bertugas, dengan menunjukkan Kartu Keluarga (KK) asli serta
melampirkan fotocopy KK dan SK pembagian tugas/mengajar.
(4) Calon peserta didik jalur Tenaga Pendidik, Kependidikan dan Perpindahan orangtua diterima sesuai kuota
paling banyak 5% (lima persen).

Info Lebih Lengkap Terkait PPDB 2022 Bisa di baca di JUKNIS di sini 

PPDB Online


PENGUMUMAN KELULUSAN 2022


Kontak


Alamat :

Jln. SI KHALILUDDIN TANAH GROGOT

Telepon :

054321290

Fax :

054321290

Email :

[email protected]

Website :

sman1tgt.sch.id

Media Sosial :